Tuesday 30 July 2013

Khasiat Buah dan Sayuran Dilihat dari Warnanya

Buah dan sayuran telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ternyata, Kebaikan Buah dan Sayur bisa diketahui dari warnanya. Sehingga dengan tampilan warna ini, kita bisa mengetahui kandungan gizi yang tersimpan. Lalu, bisa melakukan kombinasi dalam konsumsinya. Khasiat apa yang tersimpan dari buah dan sayuran tersebut? Berikut ini penjelasannya secara singkat.
1.    Merah
Berbagai buah dan sayuran berwarna merah mengandung likopen yang bermanfaat sebagai zat antioksidan. Kandungan ini sangat berkhasiat dalam melindungi tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit kanker dan jantung. Anda bisa mendapatkan manfaat itu dari pepaya, semangka, tomat dan sebagainya.
2.    Hijau
Zeaxanthin dan lutein terkandung dalam buah dan sayuran yang berwarna hijau. Zat tersebut yang membuat warna menjadi hijau dan mampu menghambat perkembangan sel kanker payudara. Sayuran yang bisa Anda konsumsi, seperti sawi, brokoli dan bayam.
3.    Kuning atau Oranye
Beta carotene banyak terkandung dalam buah-buahan yang mempunyai warna kuning atau oranye. Zat ini sangat berkhasiat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, penglihatan dan sebagainya. Buah dan sayuran yang berwarna kuning atau oranye, seperti mangga, jeruk, aprikot, wortel dan labu.
4.    Ungu atau biru
Pigmen antosianin dan flavonoin terkandung dalam buah dan sayuran yang berwarna ungu atau biru. Kedua zat ini sangat berkhasiat sebagai antioksidan. Berbagai manfaat dari segi kesehatan, seperti bisa memperbaiki penglihatan, mencegah pertumbuhan sel tumor, mengurangi kerusakan otak dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Sayuran dan buah-buahan tersebut, diantaranya blueberry, anggur dan ubi ungu.
5.    Putih
Alicin terkandung dalam buah-buahan berwarna putih. Bermanfaat dalam mencegah perkembangan sel kanker, mengendalikan kolesterol dan tekanan darah. Sayuran dan buah tersebut, seperti pir, kembang kol, bawang bombay dan bawang putih.
 

No comments:

Post a Comment